Kata orang, Tanggal tua itu abadi padahal..... #KisahTanggalTuaku

3:57:00 AM Unknown 30 Comments

Ini adalah sebuah acara Kompetisi Blogger ShopCoupons X MatahariMall. Yang diselenggarakan oleh ShopCoupons. voucher mataharimall dan hadiah disponsori oleh MatahariMall.
mataharimall-kompetisi
               

Hahaha setelah liat si "ini Budi", jadi pengen cerita pengalaman tanggal tua yang sama mirisnya *senang ada teman senasib*. Satu-satunya di dunia ini, yang bisa tua lalu bisa muda lagi, yah cuma tanggalan *nangis sejadi-jadinya* T_________T. Memang paling pusing itu tanggal tua di waktu kuliahan, berbeda saat masih SMA. Otak kita waktu masa sekolah masih kosong *plong!*. Kalau sudah tanggal tua pas kuliah, rasa-rasanya ingin perintahkan badan sama kepala supaya ngga banyak maunya dan ngelunjak. Kalau bisa, cukup minum aer aja kita dah kenyang. Terus kalo lagi butuh beli sesuatu, indah sekali ketika hanya jentikin jari, *pluk* jatuh dari langit. 
Berbeda sama generasi sekarang sih! udah enak! udah ada yang namanya Jurus Pamungkas. Momok tanggal tua sudah bergeser menjadi sesuatu yang lebih menyenangkan sejak ada Tanggal Tua Surprise. Tanggal Tua Surprise kayaknya bisa deh masuk jajaran avengers. Soalnya kan udah bisa jadi superhero di tanggal tua. Siapa tahu si avengers kalau cari chip-chip super, carinya di Matahari mall. 

Tuh kann........... Dia beli costumnya di matahari mall juga XD


Dahulu kala, pada suatu ketika, a long time ago........
Kalau tanggal tua sudah menghimpit dompet, biasanya trik-trik khusus mau tidak mau harus dilakukan. Walaupun terasa sangat tidak pintar tapi sepertinya bisa dipertanggungjawabkan dengan tingkat kerepotan dan kerumitan yang tinggi. Sebenarnya cara ini hanya cara sederhana dengan mengingat apa yang sudah diajarkan sewaktu kita di SMA.

Memanfaatkan pelajaran Agama, PPKn dan Elektronika
Dulu
Saya pulang pergi kampus selalu naik motor, disini kita harus melakukan penghematan luar biasa dengan cara yang tidak lazim. Menurut perhitungan luar biasa dan luar kepala yang belum tentu masuk akal dan pikiran. Maka ide ini muncul, ide yang pernah mendekam dalam otak saya. 
  • Nge-gas motor jangan spontan, supaya kalau ada kucing atau polisi tidur atau sesuatu yang mengejutkan batin, kita bisa memperlambat laju kendaraan pelan-pelan tanpa di rem. Karena menurut pengamatan yang belum tentu benar, kan sayang bahan bakar yang udah dibakar buat nge-gas eh malah di rem. rugi cuyy! Rugi Bensin rugi kampas rem juga.
  • Klakson pakai seperlunya untuk menghemat aki sehingga tidak perlu cepat-cepat jatuh tempo ganti aki. lagian berisik kalau kebanyakan klakson. Polusi bising
  • Kalo ada mahluk paling mengesalkan di dunia *angkot dan pengemudi ngaco*, tahan amarahnya, disimpan energinya. Jangan ngoceh dan  memaki. Karena berdasarkan fakta, marah itu buang-buang energi dan memaki buang-buang pahala.

Sekarang
Tinggal cari Alat Doraemon #1, hidup udah ga usah dibuat ribet, Ibarat lagi main rubik pake kaki.

Huhuhu... Ini pelajaran paling enak buat tidur sebenernya... tapii..janji ga tidur lagi dehhh....


Memanfaatkan pelajaran Fisika dan IPA waktu SD, SMP dan SMA!
Dulu
Siapa yang tidak mendapat pelajaran IPA atau Fisika? Disana pasti ada yang namanya pelajaran tentang perubahan wujud zat. Ada yang namanya proses mencair! Itu jurus yang seharusnya kita pakai untuk membuat tatanan kehidupan dompet kita menjadi lebih sustainable. Setiap kita ke warung jawa *tegal* bersama teman, pasti ada saatnya seorang teman memesan es teh, atau kita sendiri yang pesan es teh. Kalau teman yang pesan es teh, ada yang namanya moment permohonan tanpa syarat meminta es kepada teman untuk membuat teh hangat kita menjadi lebih sejuk. 
Lalu  jurus berikutnya, setelah pulang dari warung jawa, kita terkadang menyisakan es batu di gelas cantik kesayangan yang terkadang harus punah tanpa meninggalkan jasa untuk menyelamatkan dunia. Oleh karena itu, biasanya saya membawa botol air mineral untuk menampung sisa-sia es batu itu dan membuatnya menjadi lebih berguna untuk menyejukan air mineral saya. Tidak jarang juga botol saya hanya berisi es batu dan berdoa dengan sungguh-sungguh supaya es batu ini bisa menjadi air. *POOWW! penuh* Disitulah pelajaran Fisika saya terpakai untuk menyelamatkan kehidupan dompet, tetapi yang disayangkan botol air mineral tidak dapat menahan laju perpindahan kalor yang keluar (Qmasuk=Qkeluar, asas black) sehingga suhu di dalam botol akan terus meningkat hingga sesuai dengan suhu kehidupan kota Jakarta.

Sekarang
Lagi-lagi kawula muda jaman sekarang semakin terselamatkan dengan produk-produk beken dan kece di matahari mall *enaknya*. Tinggal glek glek blup blup dari Alat ajaib Doraemon #2. Dinginnya tahan lama dan maknyus!
Ga ada air , ga ada makanan,, saatnya ngorok aja guys.. simpen  energi (Q) dalam tubuh kita


Memanfaatkan pelajaran Ekonomi dan Matematika
Dulu
Coba yang ngekost, monggo diingat lagi pelajaran ekonomi dan matematika untuk kelangsungan hidup kita selama sebulan. Semua anak kuliah mendambakan yang namanya kamar kost full ac, internet unlimited dan kamar mandi private bukan? Saya punya cara dan hitungan taktis untuk mendapatkan keseimbangan hukum ekonomi. Pengorbanan minimal hasil maksimal. Diperlukan hanya jiwa yang tangguh! Berikut rinciannya,
  • Kehidupan Normal, Kamar Kost AC + Internet + Kamar mandi Private, 1 bulannya Rp 1.300.000 kalau dikali satu tahun totalnya menjadi Rp. 15.600.000. Mungkin untuk beberapa orang tidak seberapa, tapi tips setelah poin ini bisa jadi jurus ampuh!
  • Kehidupan Di atas rata-rata, di sekitar kampus pasti banyak yang namanya warnet. Di warnet itu, pasti ada yang namanya *paket malam, buat yang suka ngegame pasti paham*. Dulu waktu jaman saya paket jam 22.00-06.00 itu cuma seharga Rp. 10.000/ malam. Pahamkah? berapa biaya satu bulan yang harus dikeluarkan? Rp 300.000. Setahun hanya Rp. 3.600.000 , mungkin beberapa orang bilang "kita tidak bisa istirahat donk" hey brayy! jangan pelit-pelit banget. kalau anda sudah dekat dengan operatornya, anda bisa bawa yang namanya kasur lipat (475.000) / tidur di bangku *level expert*, anda tinggal membeli earphone untuk meredam suara berisik (51.000), kalau siang bisa nongkrong di mini market 24 jam atau numpang tidur di kamar kost teman / selasar kampus. Jadi total biaya hidup anda setahun hanya (3.600.000+475.000+51.000)*120% (biaya depresiasi) = 4.951.200
Bandingkan 15.000.000 dan 5.000.000, Fasilitas internet unlimited dengan feature-feature lainnya.
Terus kalau butuh kebutuhan sehari-hari tinggal cari di mataharimall

Hahaha.. Hayo ngaku siapa yang pernah ngelakuin ini karena cuma mentingin wangi aja?

Memanfaatkan pelajaran Biologi kita

Dulu
Kata emak, "jangan makan terlalu cepat atau rakus". Hal ini bisa menggangu pencernaan, karena tidak dikunyah 32,5 kali sehingga udara ikut masuk ke dalam pencernaan. Kalau nasi dan kecap asin mungkin adalah jurus lama. Tapi disini saya memperkenalkan jenis makanan alternatif yang beredar disekeliling kampus kita. *jeng jeng jeng*. Kita akan memanfaatkan salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia Timur. YAP! Betul sekali sagu yang menjelma menjadi siluman cimol. Bwahahahaha! Cimol dulu saya beli seharga 3.000, sudah mampu menahan rasa lapar karena harus dimakan pelan-pelan atau anda akan tersedak. Jumlah cimol dan rasa kenyang itu berbanding lurus dikarenakan semakin banyak cimol yang kita makan maka akan semakin lelah kita mengunyah dan rasa kenyang itu akhirnya menyerang. Coba saja anda beli cimol 10000, pasti setelah itu rasa makan akan sirna dan tiba-tiba kenyang.
Begitu juga dengan nafas, jangan melakukan gerakan-gerakan yang memacu kita untuk lebih ekstra menarik nafas. Karena menurut asumsi saya setiap anda menarik 100 kali nafas panjang dan terengah-engah, minimal anda akan mengkonsumsi 1 botol air mineral. Sayang kan...?
Sekarang
Ga usah ribut ba bi bu ba bi bu lagi kalau sekarang, karena tinggal mampir ke  Singgasana makanan dan minuman lengkap semuanya!! Dan yang paling penting ga bikin kantong compang camping!

Kita manusia ciptaan Tuhan yang luar biasa, kemampuan adaptasinya luar biasa....Pernah coba gan?

Memanfaatkan Pelajaran Sosiologi
Dulu
Sebagai mahasiswa yang teladan dan mencintai nusa dan bangsa. Akan lebih baik kita mengemban peran kita sebagai mahluk sosial. Jangan cuma hidup untuk diri sendiri. Carilah waktu untuk bersama teman-teman sependeritaan. Karena ada tagline film avenger yang mengatakan, bersatu kita teguh bercerai kita runtuh! *cobabaca*.
Trik mempererat tali persahabatan,
  • Sebagai rekan sepenanggunan, perlu adanya kunjungan berjamaah untuk mencari info-info di kampus kalau ada acara dan mendapatkan hadiah kenang-kenangan makan snack gratis. Makanan menjadi lebih nikmat karena disertai rasa suka dan suka *bukan duka* bersama-sama
  • Carilah sahabat karib untuk menolong anda ketika kita diserang sakit masuk "kiriman duit" *eh angin maksudnya*. Kalau masuk angin maka yang paling awal bisa dilakukan adalah kerok berjemaah. Sekalipun pas lagi ngerok keluarnya tulisan "anda belum beruntung coba kerok lagi", jangan menyerah!
Sekarang
Berbagilah informasi yang bisa menyelamatkan insan-insan tak berdaya. Informasi yang diberikan harus akurat dan diskonnya tidak bohongan, memberi INFORMASI super pembawa berkah. Kalo diklik bisa bikin dukacita jadi sukacita

Kadang nongkrog-nongkrong sama temen itu bisa bikin kenyang lohhh!


Tanggal Tua telah hilang kekuatannya
Tanggal Tua sekarang jangan dibawa pusing lagi. Sejak ada matahari mall siklus tanggal tua dan tanggal muda itu putus! Saya tidak lagi hidup dari bulan ke bulan. Semua bisa kita antisipasi dengan barang-barang bermutu dan terjangkau, tanpa dibohongi diskon. Sampai jumpa lagi tanggal tua, semoga kita tidak bertemu lagi XD


Abadii sih, cuma sekarang tinggal kenangan doankk..XD



Kata orang, Tanggal tua itu abadi padahal kalau ada matahari mall semua tanggal menyenangkan #KisahTanggalTuaku

You Might Also Like

30 comments:

  1. Hei Iip, saya suka nih yang ini:
    1. Satu-satunya di dunia ini, yang bisa tua lalu bisa muda lagi, yah cuma tanggalan (he-eh bener juga ya)
    2.marah itu buang-buang energi dan memaki buang-buang pahala.

    Ternyata hikmah dengan adanya tanggal tua kita bisa lebih mengingat pelajaran di masa silam..luar biasa.. anak pintar :D
    Pelajaran kesenian dan olahraganya udah termuat di dalam ini semua ya?

    www.bulirjeruk.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makacciiihh bu guuuuluuu XD benerann guruuu yahh kak lidhaa XD semangaattt mengajarrrrrr Indonesiaaa YEAAHHH!! Kerekam di kepala, gara-gara dilempar kapurr hauhauahua

      Kesenian ama olahraganya nanti kak, saya masih remedial soalnya... belum lulus uji kompetensi LOL

      Delete
  2. tangal tua ya , sedih vroh kalau di ceritain tangal tua seorang pekerjamah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenanggg brroohh! tetap semangat dan tetap berdoaa..! yeayy!

      Delete
  3. Hahaha. Tinggal di warnet 10k/ malam bisa hemat dibandingkan ngekost. Gila! Hematnya 10jt.

    Btw, itu pengalaman pribadi tinggal di warnet?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahhaha XD kalo lagi liburrrrrr, nginep sekalian mengasah ketrampilan bermain LOL mw cobaa ga gann? tiap malem pastii rameee ketawa-tawa huahuahhaua

      Delete
  4. Kalau saya dulu waktu Kuliah tanggal tua dan Muda sama saja Sob karena pekerjaan orang Tua Petani jadi tidak ada jadwal untuk kirim Uang untuk Kuliah,jadi terpaksa saya harus belajar cari uang waktu kuliah dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang! sama nih kita! cari uang sndiri... nahhh tapi kan uang sendiri, dulu juga mengenal tanggal tuaa hauhauhauhaaha kalo dah gak berseri sih enakk ihik ihik ihik... wahhh petanii... luar biasaa!

      Delete
  5. Boook, rempong juga ya cara-caranya. Tapi lucuuu dan kreatif. Hihi. Semoga menang ya Iip :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya memang cukup rempong.. dulu juga bingung kenapa bisa dilakuin, mungkin karena masih muda... uhuk uhuk uhuk *sudahtuasekarang* hahahahaha XD makassii yaahh kak Dian...

      Delete
  6. Hahaha... lucu... ada lagi tempat gratis biar ga ngekos... numpang tidur di teman yang ngekos... teman satu jurusan digilir semua bergantian...wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuulll kakk!! tidur bareng temaann.. kalo kami cowo mungkin biasanya mainn bareng, kalau cewe mungkin curhat barengg yaahh wkwkwkwkkwkw

      Delete
  7. Wkwkwk.. ini contoh siswa yang menerapkan segala yang dipelajarinya dengan baik.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar ga sia-sia bayar SPP kakkkk... efek tidur di kelas jadi penerapannya kurang optimal :D *ngawur=ngawur jadinya*

      Delete
  8. pengennya sih tanggal muda terus yaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaaaaaaaaaaa.............. apa perlu di beliin antiaging yah biar tanggalannya awet muda....? hahhhaa

      Delete
  9. memanfaatkan inti dari pelajaran PPKN , dan agama itu ternyata ngaruh juga yak ip wkwkwkkw

    klo kena angkot yang nglakson pake toa, trus dibalik nyemprot bisa-bisa emang buang-buang energi, kalo uda energi abiz, laper...laper tapi tanggal tua eakkkkk...rampung deh ahahahha
    analisisnya keren juga ni dari segi cerita gokil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahhhah iyaa gu, tya, nita, pra, tiwi :D lumayann ngaruuh yahh huahuahua
      Huahuahuahu ituu namanya kecelakaan beruntunnn yahh :D ngejeblak 1, ngejeblak semuaa hahahah suraammm yahh laperr di tanggal tua hihihi

      Delete
  10. Wkwkwk... Iip semoga kamu ga mangap pas hujan Ketika merasa haus. Jangan ya Ip, ngenest itu. By the way nih tanggal bagusnya kayak karakter higlander aja, muda terus :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha iyaaa kak, tapii kalo kemasukan mau gimana lagi kak... Pas mangap.. Namanya sambil nyetir minum aer haha iya jugaa yahh ituu kyk higlander.. Bru ngehh saya huahuahu

      Delete
  11. Ahi hi hi kalau pengalaman tanggal tua saya sih suka tidur dan tidak sampai air mandi dipakai buat minum, ahi hi hi itu sadis banget mas, ahi hi hi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah terlalu sadis yah mas? baiklah saya saring pake arang duluu de bwahahhahaha.. XD biarr amaann

      Delete
  12. Hahaha, mau ngga mau semua ilmu hasil sekolah mampu mengajarkan kita untuk tetap bertahan hidup di tanggal tua :) sukses yaaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bwahahahahah iyaaa kak... demi survival di tengah zoombie-zombie kehidupan bwahahahha...! makasi kak.. smoga saya sukses melewati tanggal tua hahaha

      Delete
  13. Btw, sebagai mahasiswa juga, saya setuju banget point 'event yang gratisan snack' :v Lol
    Hidup Mahasiswa --tanggal tua-- XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahah antri antri antri.. saya duluaann yahh... bwahahwhaw lemper bolu dan pastel biasanya menemanii yahh wkwkkwkwkw XD

      Delete
  14. biar tanggal tua yang penting bisnis tetep jalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah aaminnnnnnnnnnnnnnnnn........ XD tetep jalan dan tetep lari yahhh

      Delete
  15. wkwkkwkw.... mmgnya ada tanggal tua :D
    saya suka foto2nya lucu ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi makasii kak XD tanggalan harusnya awet muda yah... biar tetep eksis, dan tidak menyusahkan wkwkwkwkw

      Delete